10 Pesan Berharga Buat Kids Zaman Now

Kids Zaman Now Baca Ini !  

Buat kids zaman now tulisan ini lumayan lah buat masukan. Ya.. di zaman kalian, tantangan hidup bakal makin berat. Kalian memang sudah gak disuruh nonton film G30S/PKI yang katanya horor itu, tapi kalian malah nonton film Annabelle, Conjuring, yang lima menit lagi adegan seremnya muncul, musiknya udah serem duluan. Yang lima menit lagi adegan horornya keluar, eh, udah dikagetin duluan sama sesuatu yang mendadak muncul. Berat, kan?
Tapi kali ini bukan cerita horor yang bakal di bahas di artikel ini tapi pesan dari Tere Liye buat ngadepin jaman nyeleneh yang tantangannya jauh lebih berat:


1. Mbok sekolah yang serius..
Emang sih, banyak orang sukses macam Bill Gates, Mark Zuckerberg, atau malah Ibu Susi yang bisa sukses tanpa lulus sekolah formal. Tapi tau gak sih, Bill Gates dan Zuckerberg misalnya, dia DO dari Harvard. Sementara Ibu Susi, dia berhenti dari SMAN 1 Yogya. Itu sekolah / kampus top semua. Bukti kalo mereka emang sekolah serius setidaknya bisa diterima di tempat top markotop tersebut. Lah kita? Emang sekolah di mana? Sampai PD banget bilang: sekolah tuh gak penting! Mereka juga DO karena sudah punya passion, atau tuntutan hidup lain. Kita? Cuma karena males aja, ngeles, pengangguran abadi selamanya. Jadi, sekolahlah yang serius. Hormati guru-guru kalian, jangan suka bolos atau tawuran.
Rezeki emang udah dijamin sama Allah tapi kudu usaha buat dapetin rezeki itu. Salah satu ikhtiarnya ya sekolah serius, nyari ilmu dan beneran dapat ilmu biar bisa diaplikasikan di dunia kerja. Artinya rezekiNya diberi lewat usaha itu.

2. Banyakin baca buku
Ayo, yang masih muda, membaca harusnya jadi hobi yang sangat nyenengin. Berhentilah main gagdet gak jelas, gak ada habis-habisnya, ngabisin waktu. Ganti dengan baca buku atau ngaji (baca quran). Kalo mau baca lewat gagdet silahkan (karena sekarang banyak buku di dalam gagdet), tapi beneran baca, bukan sekedar diliat trus dicuekin.
Ada bilang baca buku itu susah, padahal belum ketemu buku yang menarik buat dibaca aja.. Ada yang bilang baca Quran itu susah karena gak ngerti artinya, padahal banyak sudah terjemahan dan tafsirnya tersebar di jual ataupun di internet.
Buat yang gak suka baca, sukanya nonton, perbanyaklah menonton video yang bermanfaat, seperti National Geographic, ceramah agama. Bukan hanya nonton video yang gak jelas manfaatnya. Kan nggak lucu, saat kalian ditanya di akhirat siapa Tuhan kamu, siapa nabimu malah bengong...

3. Jangan suka keluyuran, kelayapan
Udah jadi rahasia umum sebagian kids jaman now itu hobi keluyuran. Naik motor meski belum punya SIM, nongkrong di flyover, ngebut-ngebutan berasa sudah kayak Valentino Rossi, padahal aslinya cuma Ujang Rossi . Lah, kids jaman now, yang nyium tanah malah pipi dan jidatnya. Aduh. Juga nongkrong dimanalah, ngabisin waktu seolah sudah jadi manusia tersukses di dunia. Berhenti. Sana Ujang, pulang, bantu Mamaknya dirumah angkat jemuran kasur. Itu kasur bahkan bekas ngompolmu semalam.

4. Gak perlu pacaran
Ampun dah. Sebagian Kids jaman now itu, bahkan SMP saja pacarannya sudah ngalah-ngalahin Romeo dan Juliet dikali dua, kuadrat pula. Lihatlah di facebook, twitter, instagram, baru SMP, baru pacaran sehari, sudah manggil Papa-Mama. Itu over banget. Super-duper over. Kita kira itu keren? Kagak. Kita kira itu tanda hebat? Kagak. Kita sih sudah merasa paling oke sedunia, tapi justeru orang sedunia lihatnya aneh sekali. Lagian, nanti pas putus, langsung deh lebay banget di media sosialnya. Seolah besok kiamat, hidupnya nelangsa gak terkira. Tidak perlu pacaran itu.

5. Mulailah kenal tanggung-jawab 
Kids jaman now itu kadang lupa, seusia kalian, tanggung-jawab itu sudah ada. Bukan cuma bisa teriak minta uang pulsa, teriak minta beliin motor, teriak minta beliin HP. Kapan sih kalian akan teriak: Papa, ini rapot saya, pontennya 10 semua. Mama, ini piala yang saya bawa dari olimpiade Fisika. Well, baik, tidak semua orang jenius dan bisa begitu. Iya, itu betul, tapi kita selalu bisa mencari bentuk tanggung-jawab lain. Membantu pekerjaan rumah, nyapu, ngepel. Bukan cuma bisa makan doang, bukan cuma bisa tidur2an doang.

6. Berhenti coba-coba hal-hal buruk
Merokok? Ew, itu sumpah gak keren banget ! Kalian gak perlu mencoba-coba hal tersebut. Karena orang dewasa yang terlajur jadi perokok, mereka bahkan mati-matian mau berhenti tapi gak bisa. Jangan ikuti jalan itu. Bikin tato di badan? Apalagi. Minuman keras? Apalagi yang ini. Narkoba? Ampun dah, itu bener-bener tipuan setan. Ada teman ngajak keluyuran malam-malam ke tempat maksiat, jangan mau. Ada teman ngajak duel, gladiator, jangan mau. Gak apa di bilang Gak jantan. Karena sebenarnya, sssttt... justeru yang bilang gak jantan itulah yang sangat gak jantan. Mereka gak bisa melawan dirinya sendiri--itulah ketidakjantanan nomor 1.
(baca : kebiasaan merokokmembuat rezeki gak berkah)

7.  Gak perlu ikutan trend
Hanya karena teman kalian sedang suka pakai lipstik (misalnya), maka tidak perlu ikut2an pakai. Apalagi Bambang, Ujang, Agus, Joko, aduh, kamu ngapain ikut2an pakai lisptik emaknya? Kita itu sudah cantik/tampan apa-adanya. Tidak perlu ikut definisi orang lain. Biarin saja orang lain sibuk dengan trend-nya, kita tahu persis mau ngapain, dan itu lebih bermanfaat. Ini termasuk idola masa remaja. Hanya karena artis idola kalian putih, maka kalian tidak perlu maksa jadi putih. Hanya karena artis kalian suka posting selfie di akun medsosnya, nggak usah ikut-ikutan begitu. Mereka mah enak, wajah sudah dioplos kosmetik, perawatan muahal, jadi keren. Lah kita? Ikutan selfie, ngeliatin gigi koneng di sana, kan nggak lucu.

8. Perbanyaklah belajar agama
Sebagian kids jaman now itu mungkin menganggap agama itu tidak relevan lagi. Jangankan kids jaman now, yang kids jaman old saja banyak yang menyepelekan agama. Tapi ketahuilah, saat hidup kita jatuh dalam sekali, agama adalah lampu penerang yg baik. Belajarlah agama. Minimal punya pemahaman baik.
9. Perbanyaklah aktivitas yang bermanfaat dan positif.

Yang suka menjahit, jahit. Yang suka main futsal, main futsal. Yang suka menulis, nulis. Semua orang itu pada dasarnya cenderung pada hobi yang baik. Maka jangan malas. Justeru perbanyak. Boleh jadi, besok lusa, itu jadi jalan kalian untuk berbuat baik, jalan rezeki, bahkan pencapaian dan prestasi-prestasi kalian.

10. Terakhir, milikilah teman yang oke
Kids jaman now, penting sekali kalian punya teman-teman yang baik. Apa itu teman yg baik? Gampang lihatnya, apakah dia rajin sekolah, apakah dia mengajak ke hal-hal baik, apakah dia asyik dan menyenangkan. Bukan malah berteman ke anak-anak yang suka nongkrong malam-malam, berteman ke anak-anak yang langganan bikin kasus di sekolah. Kita jadinya malahan ikutan bermasalah. Milikilah teman-teman yang baik, yang menguatkan, insya Allah, kalian juga akan ikut baik.

Wallahu alam